Bupati Bogor Pantau Kondisi Pasar Leuwiliang Pasca Kebakaran Hebat, Pedagang di Janjikan Ini

BOGOR, PosCyber.com – Bupati Bogor, Iwan Setiawan memantau langsung Pasar Leuwiliang pasca kejadian kebakaran. Pada kesempatan tersebut, Iwan Setiawan memastikan para pedagang akan direlokasi ke pasar sementara agar bisa kembali berjualan.

Kedatangan Bupati Bogor di Pasar Leuwiliang, Jumat (29/9) didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), Camat Leuwiliang, dan Direktur Perumda Pasar Tohaga.

“Hari ini saya sengaja datang melihat langsung keadaan pasca kebakaran untuk mengambil langkah-langkah strategis agar para pedagang mendapatkan jaminan dari pemerintah untuk bisa kembali berjualan. Solusi jangka pendeknya, para pedagang akan direlokasi agar bisa kembali berjualan,” ujar Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Iwan menambahkan, dirinya akan memastikan tempat relokasi yang memang layak dijadikan pasar sementara. Relokasi direncanakan dekat Terminal Leuwiliang, di sana ada lahan milik pemerintah, semoga bisa segera dipersiapkan.

“Akan kami pastikan lebih dahulu kelayakannya, sarana dan prasarana nya juga akan dibangun terlebih dahulu. Insya Allah akan segera dikerjakan dengan anggaran dari APBD perubahan,” terang dia.

Dia meminta, agar area Pasar Leuwiliang disterilkan terlebih dahulu karena harus dilakukan pendinginan pasca kejadian kebakaran. Jangan sampai ada aktivitas para pedagang, karena sangat berbahaya, baik dari polusi bekas kebakaran, maupun bangunan bekas terbakar yang masih rawan.

“Intinya untuk menyelamatkan warga jangan sampai sudah terkena bencana kebakaran, ditambah sakit karena terkena polusi bekas kebakaran,” ucap Iwan.

Politisi Gerindra ini juga mengungkapkan, hampir 90 persen bangunan utama Pasar Leuwiliang terbakar, nanti ada tim asesmen yang menilai apakah gedung ini cukup direhabilitasi atau harus dibangun total.

“Jadi harus dilakukan dengan seksama agar nantinya tidak berbahaya untuk para pedagang dan masyarakat yang datang ke pasar,” pungkas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *