LPPNU Provinsi DKI Gelar Muzakaroh Ulama Untuk Ketahanan Pangan

Jakarta – Lembaga Pengembangan Pertanian Nadhlatul Ulama (LPPNU) Provinsi DKI Jakarta mengelar acara Muzakaroh Ulama untuk Ketahanan Pangan di DKi Jakarta. Pantitua mengundang Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta & PLN UID Jakarta dalam kegiatan Muzakarah Ulama Ketahanan Pangan di DKI Jakarta pada hari Sabtu (6/8) bertempat di Gd Yayasan Al Fityan Husain Jl. Al Mubarok 1 No. 45 Cipulir Jakakarta Selatan.

Pada kegiatan ini turut hadir para pengurus NU DKI Jakarta diantaranya KH. Abdul Mu’in, M.Pd, H. Taufik Damas, Lc, Jamaludin ST, MTSP, M. Ageng, S.Pd, dan perwakilan PT. PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan serta Para peserta Nahdiyin dan perwakilan LPP tingkat Kotamadya di DKI Jakarta.
Ketua LPP NU DKI Jamaludin Berharap dalam Muzakaroh Ulama dapat menginspirasi Masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan Di DKI Jakarta dan menggerakkan kegiatan Jakarta Menanam.diantaranya menanam pohon buah,obat obatan herbal dll mulai dari perkarangan rumah masing masing.
Dalam sambutannya pihak PLN juga sangat mengapresiasi kegiatan ini apalagi Jakarta sebagai barometer kota dengan lahan pertanian yang terbatas diharapkan peran PLN dalam menopang ketahanan pangan bisa dimaksimalkan seperti beberapa inovasi dan tehnologi pertanian yang dilakukan oleh PLN di Kawasan Ragunan PLN menerapkan kontainer dengan system energi listrik untuk urban farming di dalam kontainer , hal ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat DKI Jakarta yang ingin menerapkan tehnologi dalam pertanian perkotaan, dalam kesempatan ini Doddy B Pangaribuan juga menjelaskan pelayanan PLN mobile dan transparan dalam kegiatan masyarakat dapat terus dioptimalkan dalam kelistrikan dan PLN ikut serta membantu masyarakat pada program CSR untuk masyarakat di DKI Jakarta.serta dalam menjaga ketahanan pangan.
Dinas KPKP Provinsi diwakili oleh Sub Koordinator Urusan Pertanian Perkotaan, Taufik Yulianto menyampaikan materi tentang Pengembangan Urban Farming Sebagai Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan di DKI Jakarta. Dinas KPKP terus berupaya mengembangkan Urban Farming di DKI Jakarta berdasarkan Instruksi Gubernur No 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan dan Desain Pertanian Perkotaan Tahun 2018-2030.

Dinas KPKP memberikan pelayanan bibit tanaman secara gratis untuk masyarakat, pembinaan dan pendampingan urban farming, pelayanan konsultasi hama dan penyakit tanaman secara online dan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. “Pertanian Perkotaan memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk ketahanan pangan keluarga saja, namun juga memiliki nilai ekonomi, menambah penghijauan lingkungan, tanaman dihasilkan pastinya lebih sehat dan secara sosial meningkatkan interaksi antar masyarakat”, ujar Taufik Yulianto.

LPPNU mengharapkan dengan kegiatan ini kedepannya dapat terjalin kolaborasi antara LPPNU dan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta dalam mengembangkan urban farming di DKI Jakarta. (Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *