Pemerintah Mesir Ganjar Penghargaan Indonesia Pada Festival Kurma ke-5 Tahun 2022 di Siwa

Siwa, Mesir – Indonesia kembali menerima apresiasi dalam bidang perdagangan dengan Mesir yaitu penghargaan sebagai importir terbesar kurma dari Mesir. Penghargaan tersebut diberikan di sela-sela pameran “the 5th Egyptian Date Palm Festival 2022″ di Siwa, Mesir (23/01/2022).
Gubernur Provinsi Marsa Matrouh, Mayjen Khaled Shuaib, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepercayaan para importir terbesar kurma Mesir, khususnya importir dari Indonesia, Maroko dan Malaysia. “Pemberian penghargaan ini sebagai apresiasi kepada Kedutaan Besar Indonesia di Kairo yang telah mempromosikan kurma Mesir kepada warga Indonesia dan memberikan bantuan kepada perusahaan-perusahaan asal Mesir untuk melakukan komunikasi bisnis dengan importir di Indonesia,” ungkap Mayjen Khaled.
Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf di menerangkan total perdagangan Indonesia Mesir di masa pandemi Covid-19 ini mengalami peningkatan yang menggembirakan, pada periode Januari November 2021 mencapai USD 1,63 miliar atau naik 53,52% bila dibandingkan pada Januari- November 2020. Produk impor utama dari Mesir diantaranya rock phosphate, kurma, molasses, jeruk citrus dan kentang.
Indonesia termasuk dalam tiga besar negara pengimpor kurma terbesar dari Mesir. Sesuai data statistik Mesir pada periode Januari – September 2021 ekspor kurma Mesir ke Indonesia mencapai USD 10,34 juta dengan pangsa pasar sebesar 17,89% dari total ekspor kurma Mesir ke Dunia.
Dubes Lutfi menambahkan perlunya kerjasama litbang antara para peneliti dan akademisi Indonesia-Mesir dalam melihat manfaat dari kurma sebagaimana yang telah dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang bekerja dengan lembaga pengelola kurma di Madinah KSA meneliti khasiat Kurma Ajwa yang dapat menurunkan risiko Hipertensi dalam kehamilan, saat menyusui dan menekan menopause dengan hasil yang sangat baik.
Festival kurma 2022 yang diselenggarakan dari tanggal 22 hingga 24 Januari 2022 ini dihadiri oleh lebih 200 produsen kurma baik dari Mesir, Sudan, Libya, Mauritania dan Tunis.
(Sumber: KBRI Cairo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *